Membangun Komunikasi Yang Baik
Membangun Komunikasi Yang Baik
A. Pendahuluan
Assalamu’alaikum
wr, wb. Selamat pagi teman-teman, pada postingan kali ini saya akan
membagikan artikel yang bertemakan “Komunikasi”, tidak dapat di
pungkiri lagi, setiap hari kita harus berkomunikasi dengan orang
lain, komunikasi yang baik akan menimbulkan kegiatan yang baik pula.
Lalu apa itu Komunikasi?
1. Pengertian
Komunikasi
adalah "suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang,
kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan
informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain".
2. Latar Belakang
Komunikasi
merupakan kegiatan yang biasa kita lakukan setiap hari, sehingga
perlu adanya pengetahuan berkomunikasi dengan baik.
3. Maksud dan Tujuan :
Mengetahui
bagaimana cara berkomunikasi dengan baik.
4. Hasil yang diharapkan :
Mampu
mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat
berkomunikasi dengan baik.
B. Alat dan Bahan
1. PC/Laptop
2. Koneksi Internet
C. Jangka waktu
-1 Jam
D. Langkah Kerja
Pinsip Komunikasi?
Prinsip-prinsip
komunikasi seperti halnya fungsi dan definisi komunikasi mempunyai
uraian yang beragam sesuai dengan konsep yang dikembangkan oleh
masing-masing pakar. Istilah prinsip oleh William B. Gudykunst
disebut asumsi-asumsi komunikasi. Larry A.Samovar dan Richard
E.Porter menyebutnya karakteristik komunikasi. Deddy Mulyana, Ph.D
membuat istilah baru yaitu prinsip-prinsip komunikasi. Terdapat 12
prinsip komunikasi yang dikatakan sebagai penjabaran lebih jauh dari
definisi dan hakekat komunikasi yaitu :
Prinsip 1 :
Komunikasi adalah suatu proses simbolik
Komunikasi adalah
sesuatu yang bersifat dinamis, sirkular dan tidak berakhir pada suatu
titik, tetapi terus berkelanjutan.
Prinsip 2 : Setiap
perilaku mempunyai potensi komunikasi
Setiap orang tidak
bebas nilai, pada saat orang tersebut tidak bermaksud
mengkomunikasikan sesuatu, tetapi dimaknai oleh orang lain maka orang
tersebut sudah terlibat dalam proses berkomunikasi. Gerak tubuh,
ekspresi wajah (komunikasi non verbal) seseorang dapat dimaknai oleh
orang lain menjadi suatu stimulus.
Prinsip 3 :
Komunikasi punya dimensi isi dan hubungan
Setiap pesan
komunikasi mempunyai dimensi isi dimana dari dimensi isi tersebut
kita bisa memprediksi dimensi hubungan yang ada diantara pihak-pihak
yang melakukan proses komunikasi. Percakapan diantara dua orang
sahabat dan antara dosen dan mahasiswa di kelas berbeda memiliki
dimesi isi yang berbeda.
Prinsip 4 :
Komunikasi itu berlangsung dalam berbagai tingkat kesengajaan
Setiap tindakan
komunikasi yang dilakukan oleh seseorang bisa terjadi mulai dari
tingkat kesengajaan yang rendah artinya tindakan komunikasi yang
tidak direncanakan (apa saja yang akan dikatakan atau apa saja yang
akan dilakukan secara rinci dan detail), sampai pada tindakan
komunikasi yang betul-betul disengaja (pihak komunikan mengharapkan
respon dan berharap tujuannya tercapai)
Prinsip 5 :
Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktuPesan komunikasi yang
dikirimkan oleh pihak komunikan baik secara verbal maupun non-verbal
disesuaikan dengan tempat, dimana proses komunikasi itu berlangsung,
kepada siapa pesan itu dikirimkan dan kapan komunikasi itu
berlangsung.
Prinsip 6 :
Komunikasi melibatkan prediksi peserta komunikasiTidak dapat
dibayangkan jika orang melakukan tindakan komunikasi di luar norma
yang berlaku di masyarakat. Jika kita tersenyum maka kita dapat
memprediksi bahwa pihak penerima akan membalas dengan senyuman, jika
kita menyapa seseorang maka orang tersebut akan membalas sapaan kita.
Prediksi seperti itu akan membuat seseorang menjadi tenang dalam
melakukan proses komunikasi.
Prinsip 7 :
Komunikasi itu bersifat sistemik
Dalam diri setiap
orang mengandung sisi internal yang dipengaruhi oleh latar belakang
budaya, nilai, adat, pengalaman dan pendidikan. Bagaimana seseorang
berkomunikasi dipengaruhi oleh beberapa hal internal tersebut. Sisi
internal seperti lingkungan keluarga dan lingkungan dimana dia
bersosialisasi mempengaruhi bagaimana dia melakukan tindakan
komunikasi.
Prinsip 8 : Semakin
mirip latar belakang sosial budaya semakin efektiflah komunikasi
Jika dua orang
melakukan komunikasi berasal dari suku yang sama, pendidikan yang
sama, maka ada kecenderungan dua pihak tersebut mempunyai bahan yang
sama untuk saling dikomunikasikan. Kedua pihak mempunyai makna yang
sama terhadap simbol-simbol yang saling dipertukarkan.
Prinsip 9 :
Komunikasi bersifat nonsekuensial
Proses komunikasi
bersifat sirkular dalam arti tidak berlangsung satu arah. Melibatkan
respon atau tanggapan sebagai bukti bahwa pesan yang dikirimkan itu
diterima dan dimengerti.
Prinsip 10 :
Komunikasi bersifat prosesual, dinamis dan transaksional
Konsekuensi dari
prinsip bahwa komunikasi adalah sebuah proses adalah komunikasi itu
dinamis dan transaksional. Ada proses saling memberi dan menerima
informasi diantara pihak-pihak yang melakukan komunikasi.
Prinsip 11 :
komunikasi bersifat irreversible
Setiap orang yang
melakukan proses komunikasi tidak dapat mengontrol sedemikian rupa
terhadap efek yang ditimbulkan oleh pesan yang dikirimkan. Komunikasi
tidak dapat ditarik kembali, jika seseorang sudah berkata menyakiti
orang lain, maka efek sakit hati tidak akan hilang begitu saja pada
diri orang lain tersebut.
Prinsip 12 :
Komunikasi bukan panasea untuk menyelesaikan berbagai masalah
Dalam arti bahwa
komunikasi bukan satu-satunya obat mujarab yang dapat digunakan untuk
menyelesaikan masalah.
Frekuensi?
Frekuensi adalah
ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam satuan detik dengan
satuan Hz.
Gelombang?
Panjang gelombang
adalah sebuah jarak antara satuan berulang dari sebuah pola
gelombang. Biasanya memiliki denotasi huruf Yunani lambda (λ). Dalam
sebuah gelombang sinus, panjang gelombang adalah jarak antara puncak:
Frekuensi Spektrum?
Spektrum frekuensi
radio adalah susunan pita frekuensi radio yang mempunyai frekuensi
lebih kecil dari 3000 GHz sebagai satuan getaran gelombang
elektromagnetik yang merambat dan terdapat dalam dirgantara (ruang
udara dan antariksa).
E. Hasil yang didapatkan
1. Self Respect
membangun
rasa percaya diri,
2. Bisa Dipercaya dan Hargai Sesama
Beritanggung
jawab terhadap tugas dan kewajibannya dengan tidak menganggap remeh
orang lain, peluang dan kepercayaan hanya sekali.
3. Jiwa
Kepemimpinan
Visi
dan Cita- cita besar adalah bekal dasar seorang pemipin
4. Peka
dan Berfikir Kritis
Ide
kamu selalu konstruktif, opinimu bakal tepat.
Kemampuan
meningkat, karir gemilang.
NOTE :
Semua ini bisa diasah, kamu juga harus bisa !
F. Temuan Masalah
-
Kesimpulan
Komunikasi memang
sangat penting, terutama di bidang teknologi agar suatu tujuan
tercapai dengan baik.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar