CSS Tutorial Part 1 : Pengenalan CSS dan cara penulisannya

 Assalammualaikum Wr. Wb.

Create-script - 
haii gaesss...kali ini saya akan sharing tentang tutorial CSS, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang tutorial yang pertama yaitu pengenalan CSS. untuk lebih Jelasnya, kita simak pembahasan berikut...




A. Pendahuluan

  • Pengertian
    Cascading Style Sheets ( CSS ) adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk menggambarkan presentasi dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Meskipun paling sering digunakan untuk mengatur gaya visual halaman web dan antarmuka pengguna yang ditulis dalam HTML dan XHTML , bahasa tersebut dapat diterapkan pada dokumen XML manapun, termasuk XML biasa , SVG dan XUL , dan berlaku untuk rendering dalam pidato , atau di media lain. Seiring dengan HTML dan JavaScript , CSS adalah teknologi dasar yang digunakan oleh sebagian besar situs web untuk membuat halaman web yang menarik secara visual, antarmuka pengguna untuk aplikasi web , dan antarmuka pengguna untuk banyak aplikasi mobile. 
  • Latar Belakang
    Rasa ingin mempelajari tentang CSS, dan cara penggunaannya membuat saya berinisiatif untuk membuat tutorial kali ini
  • Maksud dan Tujuan
    Agar para pembaca dan termasuk saya dapat menggunakkan CSS dengan benar.

B. Alat dan Bahan
  • Text Editor
  • Web Browser
C. Pembahasan
    CSS merupakan kepanjangan dari Cascading Style Sheets yang digunakan untuk mempercantik tampilan di HTML, penulisan CSS menggunakan gaya bahasa Inggris, jadi kalian para pembaca harap menggetahui bahasa inggris walaupun sedikit-sedikit, karena ini juga akan mempermudah dalam menggunakan CSS.

  • Fungsi dari CSS
    untuk fungsi CSS ini sangat banyak sekali, namun semua terdapat dalam satu kalimat yang merupakan "Mempercantik tampilan Website", dimulai dari mengatur tulisan, background website, dan masih banyak lagi.
  • Cara Penulisan
    untuk cara penulisan CSS ini, sobat dapat menggunakannya dalam bentuk 3 cara, yaitu :
  1. Inline
  2. Eksternal
  3. Internal
Inline
    untuk penulisan CSS ini, sobat dapat menggunakan nya dengan cara meletakkan CSS di dalam tag secara langsung dengan menggunakan atribut style.

Eksternal
    untuk penulisan CSS jenis ini, kalian dapat menggunakan dengan cara menyendirikan file HTML dan file CSS-nya, dan juga kalian dapat memanggil file CSS nya dengan tag <link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css"> didalam atribut rel dituliskan stylesheet. di dalam atribut type, kita ketikkan text/css. dan yang didalam atribut href kita ketikkan file css nya, nah, pada pemanggilan CSS nya, harus 1 folder jika ingin seperti diatas, jika tidak ketikkan ../nama_folder/style.css jika berada di luar folder.

Internal
    untuk penulisan CSS jenis ini, kalian dapat menggunakan nya dengan cara membuat tag <style> didalam tag <head> (terserah ditulis sebelum tag <title> maupun setelah tag <title>) dan didalam tag <style> kalian dapat menuliskan langsung selector, property, dan value nya.

D. Hasil yang Didapatkan
  • Kita telah belajar tentang tutorial CSS yang paling dasar. yaitu pengenalan tentang CSS.

E. Kesimpulan
  • terdapat 3 cara penulisan dalam penggunaan CSS dan juga didalam penulisan CSS terdapat selectorproperty, dan juga value.


Sekian sharing saya pada kesempatan kali ini...semoga bermanfaat...

Wassalammualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar