Konsep Management Proyek di Bidang IT


Assalamualaikum wr.wb

A. Pendahuluan
  1. Pengertian
    Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek.
    Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu, dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan), untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik,[1] dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah.
     
  2. Latar Belakang
    Management proyek digunakan untuk mencapai hasil yang diharapkan dari suatu proyek sesuai prosedur yang telah di tetapkan.
  3. Maksud dan Tujuan
    Supaya memahami tentang management proyek.
  4. Hasil yang diharapkan
    Dapat mempraktekkan di dunia kerja
 B. Alat dan Bahan
  • E-book
  • referensi
C. Jangka Waktu
    setengah jam

D. Proses dan Tahapan Pelaksanaan

     Menurut George R. Terry management proyek dibagi menjadi 4 bagian yang di singkat menjadi POAC ( Planning, Organizing, Actuating, Controling).
  •  Planning (Perencanaan)
     Adalah proses yang secara sistematis mempersiapkan kegiatan    guna mencapai tujuan dan sasaran secara tertentu. kegiatan diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka pekerja kontruksi, baik yang menjadi tanggung jawab pelaksana (kontraktor) maupu pengawas (konsultan). kontraktor maupun konsultan, harus mempunyai konsep planning yang tepat untuk mencapai tujuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masig-masing.
  • Organizing (Pengorganisasian)
    Dimaksudkan sebagai pengaturan atas suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, di pimpin oleh pimpinan kelompok dalam suatu wadah organisasi. Wadah organisasi yang menggambarkan hubungan-hubungan struktural dan fungsional yang diperlukan untuk menyalurkan tanggung jawab, sumber daya maupun data.
  • Accuanting (Penggerakan)
    Diartikan sebagai fungsi management untuk menggerakkan orang yang terhubung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yang telah ditetapkan d dalam planning. pada tahap ini diperlukan kemampuan pimpinan kelompok untuk menggerakkan, mengarahkan, dan memberikan motivasi kepada anggota kelompoknya untuk secara bersama-sama memberikan kontribusi dalam menyukseskan management proyek mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
  • Controlling (Pengendalian)
     Merupakan tahap dimana dimana harus dipastikan bahwa penggerakan sesuai dengan rencana, struktur, dan prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya guna mencegah terjadinya penyelewengan/keluar dari sasaran.

E. Hasil yang didapatkan
     Dapat mengerti tentang konsep management proyek di bidang IT.

F. Temuan Permasalahan
    Belum mengimplementasikan konsep management proyek uang sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

G. Kesimulan yang didapatkan
     Jangan hanya memahami management proyek tetapi juga praktekkan sesuai prosedur dan target yang telah di tuju.

H. Referensi
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek
  • Ebook di portal BLC Telkom Klaten.
Sekian dari saya....
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar