apa itu web proxy?



Pengertian web proxy

Pengertian web proxy

                                              

assalmualaikum wr.wb

   Hay guys!!! kali ini saya akan membagikan sedikit tentang pengertian dan fungsi dari web proxy, oke kita langsung saja cekidot!!!

Tujuan: agar bisa membatasi, mengubah reques client ke server internet. dan menjadi perantara antara client dengan server internet.

Pengertian web proxy: proxy sendiri adalah sebuah aplikasi yg berfungsi sebagai perantara antara berowser user dengan server internet, sehingga client tidak dapat berhubungan secara langsung dengan server internet. dan dalam mikrotik ada sebuah fitur yg bernama WEB Proxy. fungsinya sebagai proxy browser yg nantinya akan menjadi perantara antara client dengan server internet.

Cara kerja Web Proxy: saat kita melakukan browsing, browser akan mengirimkan http (hypertext trnsfer protokol) ke server internet , dengan adanya web proxy pada mikrotik anda, maka yg menerima http tersebut adalah web proxy, kemudian web proxy akan membuat http baru atas namanya sendiri, dan http yg baru inilah yg akan di teruskan ke sever oleh web proxy, dan server internet akan merespon http baru tsb, yg kemudian hasil responnya itu akan di kirim ke client. jadi web proxy akan mengubah http yg tidak kita inginkan yg telah kita setting pda mikrotik.

Perbedaan Web Proxy dengan NAT( network adress translasion ):
secara fungsi web proxy memang sama dengan NAT, namun sebenarnya berbeda, nat hanya akan merumuskan http yg di kirim client dan hsil dari rumusan tersebut langsung di teruskan mikrotik ke server internet tanpa harus membuat http yg baru seperti Web proxy.
  dengan kata lain NAT hanya menagani paket data saja. sedangkan proxy akan memeriksa secara detail dan mengubahnya jika tidak di inginkan. sehingga proxy sering di sebut aplication firewall.

Web Proxy Membutuhkan Resource CPU Besar

Jika mengaktifkan fitur web proxy mikrotik anda harus memperhatikan kapasitas memori dan CPU. Karena Mikrotik akan membuat HTTP Request baru atas nama dirinya, sehingga membutuhkan pemakaian Resource memori dan CPU yang lebih besar daripada hanya menggunakan NAT. Jika pemakaian resource Mikrotik berlebihan maka akan membuat Router Mikrotik anda hang dan koneksi internet pun akan jadi lambat.


fitur dan keuntungan web proxy:
1. Caching
     fungsinya sebagai media penyimpanan bisa berupa situs, gambar dll. misalnya facebook. sehinggaketika kita akan membuka situs facebook kita tidak perlu koneksi ke internet, atau seakan koneksi internet nya sangat cepat, dan tentu saja kita dapat menghemat bandwith.

2. filtering
     anda juga dapat melakukan pengalihan terhadap situs yg di tuju oleh client. seperti situs porno bisa kita alihkan untuk promosi situs-situs yg kita buat, keren kan!!!!!!!!!!

3. Connection sharing,
 kita dapat meningkatkan level jaringan kita, karena client tidak berhubungan langsung dengan server internet. dengan cara memblokir situs yg tidak kita inginkan.

sekian dari saya terimakasih sudah membaca

wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar