PENGERIAN, JENIS DAN CARA KERJA ROUTER



Assalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan




  1. Pengertian
    Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk meneruskan paket data menurut tujuan dengan memilih jalur yang dikenal sebai routing.
  2. Latar Belakang
    Router adalah perangkat utama dalam membangun jaringan khususnya jaringan internet.
  3.  Maksud dan Tujuan
    Memahami pengertian dan cara kerja router.


B. Alat dan Bahan
> Laptop
> Internet (untuk browsing

C. Waktu Pelaksanaa
2 jam

D. Proses dan Tahapan
   
1. Jenis-jenis router

> Broadband router
Router broadband dapat digunakan untuk menghubungkan komputer atau untuk terhubung ke Internet. Jika terhubung ke internet melalui telepon dan menggunakan teknologi Voice over IP (VOIP), maka diperlukan router broadband.

> Wireless Router
Router nirkabel membuat sinyal nirkabel di rumah atau kantor. Jadi, setiap komputer dalam jangkauan router nirkabel dapat terhubung dan menggunakan akses internetnya. Router nirkabel bisa diamankan dengan hanya menggunakan kata sandi dan alamat IP. Kemudian akan diminta untuk memasukkan user ID beserta passwordnya.

> Edge Router
Router jenis ini ditempatkan di pinggir jaringan ISP, biasanya dikonfigurasikan ke protokol eksternal seperti BGP (protokol gateway Border) ke BGP lain dari ISP lain atau organisasi besar.

> Subscriber Edge Router
Jenis router ini termasuk dalam kategori enterprise yang digunakan untuk menyiarkan BGP eksternal ke provider miliknya.

> Inter-provider Border Router
Router jenis ini adalah untuk ISP interkoneksi.

> Core Router
Router yang berada di tengah atau tulang punggung jaringan LAN. Dalam beberapa kasus, router inti menyediakan stepdown backbone, menghubungkan router distribusi dari beberapa gedung kampus (LAN), atau Large Enterprise Location (WAN), serta cenderung dioptimalkan untuk bandwidth yang tinggi.
> Wired and Wireless Router
Router kabel dan nirkabel mampu mempertahankan informasi routing dan konfigurasi pada tabel routing, serta menyediakan layanan penyaringan lalu lintas paket masuk dan keluar berdasarkan alamat IP. Beberapa router nirkabel menggabungkan fungsi router dengan switch jaringan dan firewall.

2. Cara menjalankan router :

Cara menjalankan router cukup mudah, karena sistem telah menjadi sangat efisien dari waktu ke waktu. Dengan mengambil informasi kabel atau DSL melalui koneksi WAN, router mengarahkan informasi yang mengalir melalui untuk memastikan bahwa semua data dikirim ke berbagai perangkat yang terhubung ke Internet pada waktu tertentu.
Selain menerjemahkan koneksi data dan routing, router juga merupakan teknologi yang bertanggung jawab terhadap firewall Anda. Sebagai perangkat keamanan jaringan berbasis perangkat keras, router mencegah lalu lintas Internet yang tidak diminta yang dapat mengandung perangkat lunak perusak atau teknologi peretasan lainnya.



3. Cara membuat internet :

Router berkomunikasi dengan modem DSL atau Cable untuk menyediakan internet.
Pertama, penting untuk dicatat bahwa setiap informasi yang dimiliki Internet sebenarnya disebut "paket." Saat Anda masuk ke halaman web, misalnya komputer Anda mengirimkan satu paket data dan menerima sebuah paket sebagai imbalan yang memuat Informasi yang anda minta Ini sebenarnya adalah rangkaian protokol komunikasi antara "node", atau titik akhir spesifik yang digunakan oleh informasi. Router memiliki peran penting dalam mentransmisikan paket ini, yaitu berfungsi sebagai operator switchboard untuk setiap paket yang dikirim dan terima. Mereka berkomunikasi satu sama lain di seluruh sistem IP yang lebih luas untuk memastikan data diambil dan dikembalikan ke node yang tepat (katakanlah, dari komputer Anda ke server Google dan sebaliknya).

E. Hasil yang Didapatkan
dapat mengetahui pengertian, jenis dan cara kerja router
F. Temuan Permasalahan
-----------
G. Kesimpulan
Ternyata jenis router lebih banyak dari yang saya ketahui.
H. Referensi
http://mashable.com/2013/02/04/router-faq/#l9JuqYTKngqd
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar